Thursday, February 25, 2016

Tips mengganti velg mobil kesayangan.

mobilwow - Mengganti Velg Juga Ada Aturan Mainnya
Velg dengan mobil tidak dapat dipisahkan. Dan, suka atau tidak penampilan standar mobil dapat terdongkrak penampilannya hanya dengan mengganti velg aftermarket. Nah, bila cara tersebut menjadi pilihan Anda agar mobil tampak berbeda dari pengguna lain, jangan terburu-buru mengambil keputusan, sebab subtitusi velg juga ada aturan mainnya.
mobilwow - Mengganti Velg Juga Ada Aturan Mainnya
Cukup banyak dijumpai para pemilik mobil (baca; kaum awam) ingin mengganti velg standar pakai aftermarkethanya berdasarkan motif yang disuka, padahal ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan agar kenyamanan selagi berkendara tetap optimal. Misalnya, ukuran (diameter pcd, jumlah lubang,offset) dan juga material velg itu sendiri.
Di pasaran saat ini terdapat lebih dari ratusan model, ukuran velg aftermarketdalam hal ini biasa disebut dengan istilah velg racing. Banderolnya juga bervariasi tergantung ukuran, asal produk serta motif.
“Memilih velg yang tepat untuk mobil, harus bijaksana dalam mengambil keputusan, agar tidak menyesal kemudian. Lalu ada baiknya konsultasi dahulu dengan pakarnya ataupun si penjual,” kata Lilik pemilik gerai velg dan ban dari JP Racing di Jln. Panjang Arteri Kedoya Raya No.4A, Jakbar.
mobilwow - Mengganti Velg Juga Ada Aturan Mainnya
Tiap velg mobil memiliki ukuran PCD (Pitch Centre Diameter) yang berlainan. Ukuran PCD velg ditetapkan dari jarak antara lubang baut satu dengan yang lainnya. Ukuran PCD ini dapat dilihat pada spesifikasi yang tertera di velg misalnya pada velg tertulis 4×100 berarti velg terdiri dari 4 hole dengan PCD 100 mm. Velg model racing juga ada yang menawarkan double PCD artinya bisa digunakan untuk dua model PCD yang berbeda.
Lalu yang kedua offset adalah ukuran jarak antara bagian dalam tengah velg dengan permukaan mounting (dudukan) velg pada kaki-kaki mobil. "Gambaran umum yang mudah dimengerti, offset itu merupakan ukuran keluar atau masuknya velg dari fender atauspatbor mobil,” lanjut Lilik menjelaskan.
mobilwow - Mengganti Velg Juga Ada Aturan Mainnya
Ketiga, terkait ukuran atau diameter velg. Perlu diketahui tiap mobil itu memiliki diameter velg hingga maksimal, jadi pastikan tidak lebih dari batasan tersebut. Untuk itu bila Anda ingin memutuskan mengganti dengan ukuran lebih besar dari bawaan mobil sebaiknya peningkatan hanya naik 2 inchi, misal velg standar berukuran R16 inchi maka jumlah kenaikan yang masih dapat ditoleransi adalah penggunaan R 18 inchi.
Velg aftermarket memiliki material yang beraneka macam. Umumnya terbuat dari jenis logam ringan sebut saja billet steel,forged alloy, atau magnesium. Velg dari bahan tersebut memiliki berat utuh yang lebih ringan dibandingkan velg standar yang umumnya terbuat dari material baja (lebih berat).
Dengan menerapkan velg lebih ringan di mobil Anda, diyakini bisa mengurangi bobot keseluruhan mobil tanpa mengesampingkan daya tahan velg itu sendiri. Dengan keseluruhan nilai berat mobil yang berkurang tadi otomatis berpengaruh juga pada kerja mesin yang tidak terlalu berat dalam memutar roda. 

Hyundai akan luncurkan 3 mobil.

Saat Hyundai Santa Fe meluncur di Jakarta, tentu saja kami melihat-lihat mobil itu untuk tahu apa yang diubah dari versi preview yang kami coba kemarin. Sayang sekali, ternyata tidak ada yang diubah, padahal Hyundai Indonesia sempat bilang kalau SUV dengan mesin diesel yang sangat brutal itu mau disiapkan dulu, tapi jika pelanggan minta head unitnya diganti dengan yang lebih bagus, Hyundai bersedia melakukannya. Kenapa tidak dijadikan standar saja ya head unit bagusnya?
Saat seremonial peluncuran itu juga, Hyundai mengatakan bahwa mereka sudah menyiapkan 4 mobil baru khusus pasar Indonesia. Untuk merek yang sudah tersohor seperti Toyota dan Honda, 4 mobil itu sepertinya biasa, tapi jika untuk Hyundai, 4 mobil baru itu bisa dibilang banyak juga. Dari keempat mobil itu, Mukiat Sutikno selaku Presiden Direktur Hyundai Mobil Indonesia bekata bahwa 2 mobil adalah mobil all new, sementara 2 lagi adalah facelift.
Nah, sampai saat ini, 2 model yang sudah ketahuan adalah Santa Fe facelift yang masih hangat dari oven dan All New Hyundai Tucson yang spy shot-nya pernah dikirimkan oleh pembaca kami di daerah Bekasi. Kami saat ini tertarik dengan Tucson baru, karena desain barunya amat sangat ganteng, seperti baby Santa Fe. Mesin turbo barunya ada yang bertenaga 184 PS, bahkan ada opsi transmisi kopling ganda.
Tapi jika melihat spesifikasi fitur Santa Fe versi Indonesia, kami baru akan kaget kalau fitur pada Tucson bisa lebih lengkap dari Santa Fe.

 Iya, kami kaget kalau lengkap, kalau tidak lengkap sih kami tidak kaget. Itu kan Tucson, lalu 2 mobil sisanya apa kira-kira? Menurut rumor tak resmi yang beredar, kemungkinan yang akan muncul adalah MPV besar Hyundai H-1 facelift dan sebuah hatchback baru, yakni Hyundai i20.

Iya, akhirnya Hyundai i20 kembali lagi ke pasar Indonesia setelah sempat putus peredarannya selama beberapa tahun, padahal Hyundai i20 lawas adalah mobil yang tergolong enak, terutama versi dieselnya yang irit. Yang masuk ke Indonesia diklaim adalah Hyundai i20 Elite, namun untuk spesifikasi fitur dan mesinnya tidak diketahui hingga detik ini. Apakah versi diesel akan dihadirkan lagi? Karena kami sangat berharap, sebab mesin diesel Santa Fe dan H-1 adalah mesin yang membuat kami yakin Hyundai bisa membuat mesin yang bagus.
Kapan meluncurnya ketiga mobil itu? Hyundai Indonesia masih memilih untuk membuatnya jadi kejutan daripada memberitahu tanggal dan waktunya. Prediksi kami sih, kan sebentar lagi IIMS 2016 digelar, mungkin saja akan ada 1 dari 3 mobil yang telah kami sebutkan meluncur di pameran itu. Kalau tidak di IIMS 2016, ya di GIIAS 2016. Apa opinimu, mobil yang mana yang paling kamu tunggu? Sampaikan di kolom komentar!

Kelebihan Ertiga Dreza


Suzuki baru saja melaunching Ertiga Dreza 2016 yang sekaligus menjadi varian teratas dari Suzuki Ertiga, Ertiga Dreza juga dijual dengan harga diatas 200 juta rupiah tepatnya 216 juta untuk varian termurah. Jika dilihat dari harganya maka Suzuki Ertiga Dreza memang digunakan untuk melawan mobil Compact MPV yang dibanrol diatas 200 juta oleh produsen lain sebut saja Avanza Veloz atau Mobilio Prestige.
Lalu apa perbedaan Suzuki Ertiga Dreza dengan Ertiga varian dibawahnya sehingga harganya terpaut cukup lumayan? berikut adalah fitur unggulan ertiga dreza yang tak dimiliki varian ertiga lain:
* Suzuki Ertiga Dreza memiliki desain yang lebih fungsional terutama bagian depan (grill), grill dibuat lebih lebar sehingga mampu menyupport kerja radiator lebih baik lagi dalam mendinginkan mesin. Sistem pendinginan yang baik bisa membuat mesin bekerja lebih lama dengan intensitas lebih berat
* Suzuki ertiga Dreza memiliki tingkat keselamatan yang lebih baik dibanding varian Ertiga lain, hal ini karena Ertiga Dreza sudah dilengkapi dengan dual airbags, rem berteknologi ABS dan EBD sedangkan body juga berstruktur rangka sid impact beam. Sistem keselamatan yang tidak dimiliki oleh varian selain dreza adalah teknologi rem ABS dan EBD, semntara untuk airbags beberapa varian sudah dibenami sejak dulu sedangkan struktur rangka body Side Impact Beam juga dari dulu ertiga sudah memakainya, praktis Rem menjadi pembeda utama varian tertinggi ini dengan varian ertiga lain
* Head unit Ertiga Dreza GS sangat canggih dibandingkan varian lain, head unit yang bisa multifungsi sebagai sarana: nafigasi (gps), komunikasi (telepon/ sms), komunikasi (internet), hiburan (audio video) dan juga sebagai kontrol (bisa disambungkan dengan kamera belakang untuk memonitor buritan mobil)
* Ertiga Dreza juga telah dibenami Keyless Entry dan Immobilizer Key yang bermanfaat untuk meningkatkan keamanan mobil










Suzuki Ciaz jadi Taksi, berikut ulasannya.




Pernyataan dari Suzuki Indonesia yang menyatakan bahwa Suzuki Ciaz telah diminta oleh beberapa perusahaan taksi di Indonesia untuk menjadi salah satu armada taksinya, "ada beberapa perusahaan" ungkap Davy Tuilan sebagai Deputy Managing Directur Suzuki Indomobil Sales. Tuilan menambahkan bahwa nantinya Ciaz tidak hanya dijual untuk konsumen saja akan tetapi juga kita jual untuk perusahaan taksi di Indonesia, saat ini masih ada 2 perusahaan taksi besar di Jakarta yang meminta pihaknya menghilangkan beberapa bagian ornamen Suzuki Ciaz.

Nantinya kita siap bekerjasama dengan berbagai perusahaan taksi di seluruh Indonesia untuk menjadi salah satu armada mereka tentunya dengan spesifikasi yang mereka minta, biasanya dengan perubahan pada velg, sistem audio, cat, power window, central lock dan beberapa fitur lain. Mereka biasanya menghilangkan fitur-fitur tersebut untuk mendapatkan harga yang lebih murah, selain itu fitur-fitur tersebut dirasa kurang diperlukan untuk sebuah taksi, yang penting adalah mesin bagus, irit, mobil murah, suspensi cukup nyaman, desain enak dilihat dan mobil awet/ tahan lama.
Keuntungan jika kadi mobil taksi
Sedangkan penggunaan suatu mobil menjadi armada taksi sebenarnya menguntungkan banyak pihak seperti:
1. Menguntungkan konsumen karena semakin banyak mobil dipakai di pasar (terutama untuk plat kuning seperti angkot/ taksi) maka sparepart juga akan berlimpah di pasar mulai dari yang murah sampai mahal, kualitas KW 3 sampai Orisinal bakal banjir di pasar, hal ini menyebabkan pemilik Ciaz bisa dengan mudah menemukan spare part di bengkel-bengkel umum dan harganya menjadi murah karena tidak ada asimetris pasar; bahasa ekonominya informasi yang tidak semetris di pasar atau pasar telah mengetahui dengan baik harga maupun ketersediaan suatu produk.
Hal ini dicontohkan seperti Suzuki Carry yang banyak diapai untuk angkot sehingga sampai saat ini sparepartnya menyebar sampai ke desa-desa mulai KW sampai Orisinal, bahkan pemilik Carry sama sekali tidak merasa kesulitan untuk mengganti part-partnya meskipun usia mobil sudah lebih dari 20 tahun (sangat mudah didapat dan harganya murah) 
2. Menguntungkan bagi produsen; dengan banyaknya permintaan maka produksi bisa jalan terus dan produsen bisa menekan biaya tetap perusahaan, alhasil dengan rendahnya biaya tetap(fixed variable) maka harga produksi per unitnya bisa lebih murah sehingga harga jualnya pun bisa ditekan lebih murah dan mampu bersaing di pasar. Konsumen bisa meikmati harga beli mobil yang murah dan produsen (dalam hal ini Suzuki Indonesia) bisa bersaing dengan produsen mobil sejenis dengan harga produksi yang lebih murah
Ketakutan tentang mobil taksi
Banyak konsumen yang mengatakan bahwa enggan memiliki mobil bekas tertentu karena takut dulu adalah bekas taksi? nah itu memang benar dimana banyak mobil bekas taksi dijual lagi akan tetapi hal ini bisa diatasi dengan cara konsumen melihat terlebih dahulu faktur penjualan dan BPKB mobil dimana disana tertera siapa yang membeli pertama kali apakah perorangan ataukan atas nama perusahaan taksi. Agar tak tertipu juga lihat odometer mobil berapa jarak tempuh mobil karena biasanya untuk pemakaian normal setahun biasanya menempuh jarak 10-15 ribu km jadi kalau dalam 4 tahun kira-kira odometer (kilometer mobil) mencapai 40 sampai 60 ribu kilometer, kalau kilometer taksi biasanya sehari biasanya jalan 200-300 kilometer jadi setahun bisa 70 ribu sampai 100 ribu dan dalam 4 tahun sudah bisa menyentuh km di 300 ribu km sampai 400 ribu km. Harga moil bekas taksi biasanya dijual sangat murah yakni separuh dari harga jual pasar mobil perorangan karena selain kilometer sudah sangat tinggi beberapa fitur juga dihilangkan
Jadi jangan takut karena mobil bekas taksi itu mudah dikenal (dari BPKP, Faktur, Kilometer/ jarak tempuh, adanya beberapa fitur yang dihilangkan dan harga yang murah).
Bahkan beberapa produsen taksi sangat memperhatikan kondisi mobilnya dengan selalu menyervice sesuai jadwal di bengkel resmi sehingga meskipun kilometer tinggi tapi kondisi mobil tetap prima, sebelum dilelang di cek kembali dan diservice apa-apa yang rusak/ kurang.
Kembali lagi ke Suzuki Ciaz bahwa pihak Suzuki Indomobil Sales siap menjadikan Suzuki Ciaz sebagai mobil taksi untuk melengkapi armada perusahaan taksi di seluruh Indonesia.

Mobil dinas Presiden Jokowi

Resmi menjadi Rresiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) akan menggunakan  Mercedez-Benz S600 Pullman Guard sebagai mobil dinas khusus kepresidenan dan sekaligus untuk mobil pelindungnya.
Mobil Dinas Jokowi, Mercedez-Benz S600 Pullman Guard bukanlah mobil mewah biasa melainkan  mobil teraman yang di pasarkan di seluruh dunia, yang biasanya digunakan para pemimpin negara.


Tak heran jika Mobil Dinas Jokowi, Mercedez-Benz S600 Pullman Guard ini dibandrol dengan harga miliaran, karena mobil mercy ini dilapisi dengan baja dengan tingkat resistensi dari Eropa, yang mampu menahan serangan seperti granat tangan, senjata standart, dan juga peledak ringan lainnya ini.









tampilan mobil dinas jokowi 2015 Mercedez-Benz S600 Pullman Guard
Menurut keterangan resmi yang kita langsir, Mobil Dinas Jokowi ini dibandrol sekitar 800.000 Euro atau sekitar  Rp 12 miliaran, tipe S600 Pullman Guard sendiri merupakan tipe tertinggi dan termahal, jadi tidak heran jika harga dibandrol selangit. Namun sebenarnya setengah dari harga tersebut merupakan biaya untuk membuat kekuatan dan sistem pertahanan pada unit Guard.

Mobil murah China segera masuk Indonesia




Hal ini diungkapkan oleh jajaran manajemen produsen mobil asal China yakni Saic GM Wuling Automobile (SGMW), pihak SGMW saat ini sedang membangun pabrik/ fasilitas produksi di kawasan Deltamas, Bekasi, Jawa Barat yang rencananya bakal beroperasi dalam waktu dekat ini.
SAIC Wuling ini akan mengeluarkan 2 jenis MPV yakni Wuling Hongguang S1 (Low MPV 7 penumpang) seperti Avanza/ Mobilio/ Ertiga dan yang kedua adalah Baojun 730 (MPV kelas medium) seperti Kijang Innova, Honda Odyssey, dll.
Kedua produk dari SAIC Wuling ini adalah mobil terlaris di China sedangkan SIAC Wuling sendiri adalah pabrikan mobil terbesar di Chia, penguasaan pasar yang besar tersebut membuat mereka cukup PD untuk masuk pasar otomotif tanah air.
Indonesia menjadi negara pertama yang memiliki fasilitas perakitan Wuling di luar China, sedangkan market share wuling di China mencapai 2 juta mobil pada tahun lalu.... hal ini setara dengan dua kali jumlah total penjualan mobil di Indonesia yang pada tahun lalu mencapai 1 juta unit mobil (bisa dibayangkan bukan betapa besarnya pabrikan ini di negaranya).
Akan tetapi di Indonesia mobil china sebenarnya cukup sulit bersaing kalau kita berkaca pada produsen selain jepang, sebut saja Ford, Chevrolet, Proton, Tata yang pangsa pasarnya jauh dibawah produsen mobil asal jepang. Secara historis memang produk buatan china cenderung berkualitas rendah, hal ini dialami penulis saat dulu pernah membeli motor china dalam waktu 3 bulan bodynya sudah gemertak semua, mesinnya sudah jauh berkurang dari awal membeli.
Sementara beberapa gambar dari media online Indonesia sudah menemukan mobil wuling ini diuji di jalanan Indonesia, berikut adalah fotonya saat berpapasan dengan salah satu mobil LCGC Indonesia.
Sayangnya mobilpertama@blogspot.commasih belum menemukan informasi mengenai harga kedua mobil asal Beijing China ini, untuk survive Wuling harus menjual mobilnya dengan harga yang lebih rendah dari harga pasaran MPV di Indonesia saat ini.
Tak hanya masalah kualitas, jaringan pemasaran dan service juga akan menjadi tantangan tersendiri jika ingin masuk ke pasar otomotif tanah air karena konsumen di Indonesia cenderung sangat memperhatikan purna jual (service, sparepart, harga jual kembali, dll). Kita tunggu saja apakah benar mobil china bisa berhasil serbu Indonesia

Honda Accord dan CR-V Akan Diberikan Mesin Turbo Baru Nanti

Biarpun fans Honda berkoar-koar kalau Honda itu terkenalnya karena mesin naturally aspirated high power dan high revving, Honda tidak bisa menahan-nahan untuk tidak memasang turbo di mesin mereka demi menghasilkan mesin yang lebih kompetitif, bertenaga, irit dan beremisi rendah. Terbukti kok, lihat saja Honda Civic dan Civic Type R baru yang menjagokan mesin dengan rumah keong di balik kap mesinnya.
Nah, Civic baru awalnya saja, karena berikutnya mobil Honda yang lain akan mengikuti. Takahiro Hachigo selaku CEO Honda yang baru sedikit membuka spoiler tentang Accord dan CR-V baru. Untuk masa depan, mereka berdua akan dirancang dengan perhitungan dari basis Honda Civic baru, namun diperbesar ukurannya. Untuk CR-V, nanti kemungkinan berevolusi menjadi SUV 3 baris dengan konfigurasi 7 seater.
Sementara mobilnya membengkak, mesinnya diprediksi akan mengecil dari yang sekarang, tapi itu tidak masalah selama ada yang namanya turbo. Ya, itu betul, Honda Accord dan CR-V baru nanti akan pakai mesin turbo juga, tapi sayang tidak diketahui berapa kapasitas mesinnya. Jika mau mengandalkan pengandaian kasar, paling tidak 2 mobil ini nanti akan bermesin 2.000 cc 4 silinder turbo. Kami suka turbo.
Rencana Honda ke depannya lagi adalah membuat SUV besar gres khusus pasar China berlogo Honda, dan 1 crossover kecil berlogo Acura yang berbasis Honda HR-V. Kalau yang ini jelas misinya untuk mengikuti tren dan menambah pundi-pundi perusahaan, soalnya SUV dan crossover lagi laris manis. Untuk tahu SUV-nya seperti apa, mungkin tidak bakal rahasia lagi, lihat saja Honda Concept D yang muncul di pameran otomotif China.


Untuk pencapaian yang lebih jauh lagi, Honda bersiap memperbanyak produksi mobil plug-in hybrid dan menyeriusi mobil berbahan bakar hidrogen dan listrik (fuel cell electric vehicle). Yang jelas, 2 inovasi ini tidak akan bisa kita nikmati di Indonesia dalam waktu dekat jika regulasi kita masih tidak berorientasi kepada pelestarian lingkungan, tapi untuk yang turbo, mungkin bisa kita cicipi di Honda Civic baru nanti sebagai pembukaan. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!